#40 Sadar atau tidak sadar

Foto: Pinterest

Sadar atau tidak sadar? Ada beberapa orang yang secara sadar melakukannya, tetapi ada pula mereka yang tidak sadar telah melakukannya. Ya, bullying. Ini bukanlah hal baru. Saat ini sedang marak video yang memperlihatkan pem-bully-an yang dilakukan oleh mereka yang masih remaja dan mereka yang sudah bisa dianggap dewasa. Selain itu, pem-bully-an fisik juga kerap kali dikaitkan dengan sekolah, universitas, ataupun orientasi awal sekolah. 

Padahal, pem-bully-an juga kerap kali terjadi dengan mulut mau pun jari. Pem-bully-an bisa terjadi dimana saja. Secara tidak sadar ataupun sadar, ketika seseorang mengeluarkan kata ejekan ataupun kata kasar yang bermaksud menghina bisa jadi itu menjadi awal dari bullying secara verbal. Terus menerus mengolok-olok, termenerus menyakiti dengan kata-kata kasar atau ucapan hinaan terkadang lukanya lebih parah daripada luka fisik. 

Pem-bully-an dengan jari mungkin lebih sering dihadapi oleh mereka public figure ataupun mereka yang telah terkenal melalui media apapun itu. Meninggalkan komen-komen dengan kata-kata kasar, makian, cemooh, hinaan, bahkan fitnah di laman media sosial seseorang juga bisa menjadi tindak bullying secara tidak langsung. Perkata-perkataan tajam itu, entah benar atau tidak, tetap saja menimbulkan luka. 

Bukan hanya menindak tegas secara hukum saja, tetapi perlu ada pendampingan, pembimbingan bagi mereka yang menjadi "korban", "pelaku", maupun "saksi" dari bullying baik secara psikologi ataupun tidak. Terkadang ketika terjadi hal semacam itu, ada pihak yang menyalahkan sekolah, universitasnya ataupun instansinya. Tetapi perlu diingat, orang tua juga memiliki peran untuk mendidik dan mengontrol aktivitas putra-putrinya, seperti games yang mereka mainkan atau tontonan yang mereka lihat setiap harinya. Edukasi dini tentang bullying di sekolah dan keluarga juga penting. Edukasi tentang saling menyayangi sesama manusia dan makhluk hidup juga perlu benar-benar ditanamkan. 

Semoga tidak ada lagi kejadian pem-bully-an dimanapun, sekolah, universitas, tempat kerja, atau dimanapun. Tebarkan hal positif dan selalu menyayangi sesama. Hewan dan tanaman saja perlu disayang apalagi kita yang sesama manusia. :)

video from Brock Burnett youtube channel.
Regards,

F

You May Also Like

0 komentar