#14 Yok Tertib Lalu Lintas!!

Selasa di awal bulan April, waktunya barcodeprojects buat sharing. Kali ini kita akan ngomongin tentang budaya berlalu lintas.
Foto: Pinterest

Pastinya ketika kalian baca "budaya berlalu lintas", akan ada berbagai macam hal yang terlintas di kepala kalian. Sama halnya dengan aku. Ketika aku usul ide ini ke Vindi, mendadak kita langsung curhat tentang ketidak nyamanan kita ketika berkendara atau di perjalanan.

Ya aku sih sadar sebagai pengendara motor kadang masih suka ngelanggar, kayak misal lampu udah kuning terus merah aku bablasin gitu. Sebenernya itu ada dua alasan kenapa aku bablas. Yang pertama, kadang akunya mau berhenti tapi kendaraan-kendaraan dibelakangku pada tancap gas, jadi suka takut kalo kena dari belakang. Alasan yang kedua nih yang baru gak boleh ditiru, karena males nunggu. Alasan yang ketiga karena keburu-buru. Itu alasan yang seharusnya gak aku kasih, karena tetep aja aku ngelanggar. 

Cuma aku bukan orang yang suka seenaknya kok di jalan. Aku bukan orang yang bisa main hp waktu pakai kendaraan. Jadi aku suka sebel sama mereka yang pake kendaraan tapi main hp. Seakan gak bisa lepas dari hp barang semenit. Aku juga gak pernah pake headset kalo lagi naik motor. Aku sih orangnya lebih menikmati suasana jalan gitu (kecuali lagi keburu-buru atau telat hehe).

Foto: Pinterest

Hal yang aku gak suka adalah ketika mereka para pengendara lagi naik motor malah ngobrol gitu, mana ditengah jalan. Kan ganggu dan buat kita sebagai pengendara dibelakangnya bingung. Sering banget aku klaksonin biar mereka sadar gitu. Kalo masih mau ngobrol mbok ya berhenti. Kalo ngobrolnya pas lampu merah sih wajar, tapi kalo lagi jalan kan bahaya gitu. 

Aku juga gak suka sama mereka yang motornya dimodifikasi tapi malah ganggu kenyamanan orang lain. Contohnya aja bunyi klakson yang diganti dan knalpot yang suaranya super duper gak enak. Sebelnya bukan main kalo papasan dijalan dengan mereka-mereka itu. Lebih sebelnya adalah ketika mereka sengaja ngebleyer gitu dan soksokan dijalan, yang entah motornya diangkat atau apalah. Rasanya pengen ngedoain yang itu orang yang naik motor, habis suara knalpotnya itu lho ngajak ribut. Udah polusi udara, eh malah nambah polusi suara.

Dan sekarang itu, kalo di lampu merah angka baru sampe 5 udah pada main jalan aja. Kan bahaya banget kalo misal dari arah yang emang lampu ijo masih ada yang jalan (mau itu kecepatan sedang atau ngebut). Aku sih diem aja kalo belum ijo terus motor atau mobil belakang udah klakson suruh jalan. 
Foto: tribratanewspemalang.com
Aku juga masih kadang ngelanggar tapi aku selalu berusaha buat nggak ngebahayain diri sendiri dan orang lain. Aku juga berusaha ngingetin diri sendiri sih, kalo di jalan itu kudu hati-hati itu pasti, bukan buat diri sendiri tapi juga pengendara lainnya. Jangan lupa pake helm, kalo nyebrang di zebra cross, kasih kesempatan buat pejalan kaki juga. Safety first ya guys, baca doa sebelum pergi-pergi, dan jangan banyak gaya pokoknya kalo dijalan mah. 
Regards,

F

You May Also Like

0 komentar